Website - Analisa Kepentingan bagi Perusahaan
Website DescriptionKetika memulai suatu usaha, salah satu tantangan terbesar adalah bagaimana mengenalkan produk atau jasa kepada target pasar. Salah satu cara paling efektif adalah dengan website. Website membutuhkan biaya yang relatif lebih kecil dibandingkan alat-alat pemasaran konvensional (traditional marketing tools) dengan tingkat pencapaian pasar yang lebih besar. Walaupun untuk membuat website yang memiliki fungsi-fungsi khusus, biaya yang dikeluarkan dapat mencapai puluhan juta rupiah, namun hasil yang didapatkan adalah sepadan.
Dilihat dari sudut kepentingan perusahaan, website adalah situs web perusahaan yang isinya mendukung kampanye pemasaran (marketing campaign) perusahaan yang bersangkutan. Dari definisi tersebut maka jelaslah bahwa isi dari website perusahaan harus mendukung kegiatan pemasaran di dunia nyata (real-world). Demikian juga sebaliknya, kegiatan pemasaran perusahaan di dunia nyata juga memasukan website sebagai salah satu alat pemasarannya.
Beberapa fungsi penting dari website perusahaan adalah:
• Profil Perusahaan.
• Katalog Produk dan Jasa.
• Pembentukan Komunitas.
• Komunikasi Pelanggan.
• Layanan Purna Jual.
Walaupun masih banyak fungsi lainnya yang dapat digunakan oleh suatu perusahaan untuk mendukung pemasaran, namun fungsi-fungsi di atas adalah fungsi website yang paling banyak dipakai perusahaan.
Dengan demikian jelas bahwa keberadaan website bagi suatu perusahaan adalah penting, tanpa memandang bidang usaha dan jenis produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Dengan analisa pemasaran internet (internet marketing analysis) yang tepat, semua perusahaan dapat mengambil keuntungan dari efektifitas dan efisiensi website.
Dari sedikit penjelasan di atas, terlihat bahwa keberhasilan suatu website perusahaan di internet adalah tergantung dari:
Analisa Kebutuhan
Dengan research yang baik maka perusahaan akan dapat menentukan secara tepat fungsi utama dari website mereka, sesuai dengan produk atau jasa yang mereka sediakan, serta target market mereka.
Design and Development
Jika perusahaan telah menentukan tujuan website, maka tahap selajutnya adalah pembuatan website tersebut. Sesuai analisa kebutuhan, maka development website akan mengikuti tujuan utama selain juga harus memperhatikan target market sehingga desain website serta fitur-fitur yang tersedia dimanfaatkan semaksimal mungkin.
Maintenance and Updating
Setelah website berhasil dibuat dan dipublikasikan, maka tahap yang berlangsung secara kontinyu adalah pemeliharaan website tersebut, sehingga pengguna internet tidak akan hanya melihat website tersebut 1 atau 2 kali, namun akan kembali lagi untuk mencari informasi-informasi terbaru.
Perusahaan pada umumnya melakukan outsourcing dalam kegiatan design and development, namun selain itu perusahaan juga dapat melakukan efisiensi biaya dan efektifitas kerja dengan menyerahkan kegiatan pembuatan website kepada perusahaan lain yang menyediakan jasa pembangunan website secara terpadu, mulai dari analisa kebutuhan hingga kegiatan pemeliharaan website.
Dilihat dari sudut kepentingan perusahaan, website adalah situs web perusahaan yang isinya mendukung kampanye pemasaran (marketing campaign) perusahaan yang bersangkutan. Dari definisi tersebut maka jelaslah bahwa isi dari website perusahaan harus mendukung kegiatan pemasaran di dunia nyata (real-world). Demikian juga sebaliknya, kegiatan pemasaran perusahaan di dunia nyata juga memasukan website sebagai salah satu alat pemasarannya.
Beberapa fungsi penting dari website perusahaan adalah:
• Profil Perusahaan.
• Katalog Produk dan Jasa.
• Pembentukan Komunitas.
• Komunikasi Pelanggan.
• Layanan Purna Jual.
Walaupun masih banyak fungsi lainnya yang dapat digunakan oleh suatu perusahaan untuk mendukung pemasaran, namun fungsi-fungsi di atas adalah fungsi website yang paling banyak dipakai perusahaan.
Dengan demikian jelas bahwa keberadaan website bagi suatu perusahaan adalah penting, tanpa memandang bidang usaha dan jenis produk atau jasa dari perusahaan tersebut. Dengan analisa pemasaran internet (internet marketing analysis) yang tepat, semua perusahaan dapat mengambil keuntungan dari efektifitas dan efisiensi website.
Dari sedikit penjelasan di atas, terlihat bahwa keberhasilan suatu website perusahaan di internet adalah tergantung dari:
Analisa Kebutuhan
Dengan research yang baik maka perusahaan akan dapat menentukan secara tepat fungsi utama dari website mereka, sesuai dengan produk atau jasa yang mereka sediakan, serta target market mereka.
Design and Development
Jika perusahaan telah menentukan tujuan website, maka tahap selajutnya adalah pembuatan website tersebut. Sesuai analisa kebutuhan, maka development website akan mengikuti tujuan utama selain juga harus memperhatikan target market sehingga desain website serta fitur-fitur yang tersedia dimanfaatkan semaksimal mungkin.
Maintenance and Updating
Setelah website berhasil dibuat dan dipublikasikan, maka tahap yang berlangsung secara kontinyu adalah pemeliharaan website tersebut, sehingga pengguna internet tidak akan hanya melihat website tersebut 1 atau 2 kali, namun akan kembali lagi untuk mencari informasi-informasi terbaru.
Perusahaan pada umumnya melakukan outsourcing dalam kegiatan design and development, namun selain itu perusahaan juga dapat melakukan efisiensi biaya dan efektifitas kerja dengan menyerahkan kegiatan pembuatan website kepada perusahaan lain yang menyediakan jasa pembangunan website secara terpadu, mulai dari analisa kebutuhan hingga kegiatan pemeliharaan website.