Minggu, 13 November 2011

Ayo Garuda, Cakar Gajah Putih!

Ayo Garuda, Cakar Gajah Putih!

Sebagian pemain Timnas U-23. Foto: Charlie L/Indopos
JAKARTA - Pasukan Garuda Muda Indonesia kembali merumput malam  ini. Egi Melgiansyah dkk akan melakoni duel krusial dengan menghadapi Thailand pada laga ketiga grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Dalam laga yang akan ditayangkan RCTI mulai pukul 19.00 tersebut, tim asuhan Rahmad Darmawan itu bertekad menang untuk mengunci tiket semifinal. Dengan bekal enam poin, Rahmad tetap meminta pasukannya fokus pada laga malam nanti.

"Saya minta pemain melupakan kemenangan kemarin dan fokus saat melawan Thailand. Sebab, pertandingan besok malam (malam nanti, Red) sangat penting. Laga besok dijalani untuk langkah kita ke depan," kata Rahmad setelah memimpin latihan di lapangan C, Senayan, Jakarta, kemarin pagi (12/11).

Pelatih asal Lampung tersebut mengungkapkan bahwa timnya tidak boleh meremehkan atau gentar. "Dari awal, saya katakan bahwa tidak ada lawan yang enteng dan tidak ada lawan yang harus ditakuti. Itu saja yang saya selalu tanamkan kepada tim. Jadi, tidak ada alasan bagi pemain untuk menganggap enteng dan tidak alasan untuk menganggap lawan tidak bisa dikalahkan," paparnya. 

Mantan pelatih Persikota Tangerang, Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, dan Persija Jakarta tersebut menjelaskan bahwa Thailand memiliki permainan kolektif yang bagus. Dia meminta timnya berhati-hati saat menghadapi Thailand yang selalu bagus dalam kolektivitas.

Menurut Rahmad, timnas Gajah Putih "julukan Thailand" juga matang dalam penguasaan bola dan pintar mengatur ritme permainan. "Itu harus dicermati anak-anak. Thailand selalu bermain dengan organisasi yang tertata dengan bagus," jelasnya.

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam persaingan dengan Thailand. Termasuk di ajang SEA Games. Indonesia selalu menyerah kepada Thailand di dua pertemuan terakhir di SEA Games. Pasukan Indonesia kalah 1-3 pada SEA Games 2005 dan menyerah 1-2 di SEA Games 2007.  

Skuad Garuda Muda akan menghadapi perlawanan sengit Thailand dalam laga malam ini. Sebab, tim besutan Prapol Pongpanich itu butuh kemenangan untuk membuka peluang lolos ke babak semifinal. Di dua laga sebelumnya Thailand menelan sekali kekalahan (kalah 1-2 oleh Malaysia) dan sekali menang (unggul 4-0 atas Kamboja). "

Manajer Thailand Kasem Jariyawatwong menyatakan bahwa tidak mudah menghadapi Indonesia. Apalagi, Indonesia mendapat dukungan dari ribuan pendukung fanatiknya.

"Indonesia tim yang kuat. Meski begitu, kami harus tetap maju dan berusaha untuk menang. Masyarakat kami menunggu kabar baik kami dari sini. Kami harus memenangi semua pertandingan sisa," paparnya. (ali/c12/aww)
Ayo Garuda, Cakar Gajah Putih!
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.