Senin, 15 Oktober 2012

Antivirus Untuk Linux OpenSuSE 11.2

Antivirus Untuk Linux OpenSuSE 11.2

Linux mungkin tidak begitu memerlukan antivirus, karena sebagian besar virus hanya menyerang sistem operasi Microsoft Windows. Namun beberapa pihak tetap sepakat bahwa antivirus pada Linux perlu, karena antivirus pada Linux juga memiliki database untuk berbagai signature virus yang menginfeksi OS Windows, mengapa…?
Begini, jika ada orang yang membawa diska eksternal seperti UFD yang terinfeksi virus, kita bisa membantu membersihkannya di Linux dengan bantuan antivirus tanpa khawatir virus tersebut melompat ke dalam komputer sistem kita.
Beberapa antivirus seperti ClamAV (yang aslinya memang berbasis di Linux) dan Avira/Antivir memang bisa dipasang langsung melalui YaST di OpenSuSE 11.2. Jadi tidak perlu repot, tinggal masuk ke menu “install software” cari paket dengan kata kunci antivirus, nanti akan menemukan berkas yang diperlukan.
Sebanarnya tidak hanya itu, sepertinya masing-masing produsen sudah menyediakan versi antivirus sendiri untuk Linux. Panda Antivirus for Linux, F-Prot for Linux, Sophos Anti-virus for Linux, Kaspersky Anti-virus for Linux, McAfee LinuxShield, namun mungkin tidak semuanya gratis – saya belum melihat semua lisensinya.
Mas Vavai pernah menulis tentang instalasi BitDeffender untuk OpenSuSE Linux. Karena untuk personal lisensi ini bisa digunakan secara gratis.
Jika saya sendiri memilih Avast Antivirus Workstation (atau dikenal sebagai Avast Linux Home Edition) yang memang untuk Linux. Permasalahannya saya tidak bisa melakukan instalasi otomatis dengan paket instalasi, ada beberapa galat yang terjadi sebagaimana yang saya sampaikan di forum avast. Setelah saya memeriksa kembali direktori yang menjadi galat tersebut, ternyata semuanya terkunci – artinya – dalam tebakan saya, hanya bisa dimodifikasi oleh super user.
Saya pun melakukan instalasi lewat terminal Gnome (karena saya menggunakan desktop Gnome) dengan menggunakan zypper install (paket avast) sebagai super user, dan kemudian avast bisa diinstal tanpa masalah. Berikut rinciannya pada terminal:
zypper install avast4workstation-1.3.0-1.i586.rpm
Loading repository data...
Reading installed packages...
Resolving package dependencies...
The following NEW packages are going to be installed:
avast4workstation libexpat0
2 new packages to install.
Overall download size: 27,9 MiB. After the operation, additional 41,5 MiB will
be used.
Continue? [y/n/?] (y): y
Retrieving package libexpat0-1.95.8-102.2.i586 (1/2), 60,0 KiB (154,0 KiB unpacked)
Retrieving: libexpat0-1.95.8-102.2.i586.rpm [done (35,0 KiB/s)]
Installing: libexpat0-1.95.8-102.2 [done]
Retrieving package avast4workstation-1.3.0-1.i586 (2/2), 27,8 MiB (41,3 MiB unpacked)
Installing: avast4workstation-1.3.0-1 [done]
Antivirus Untuk Linux OpenSuSE 11.2
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.