Minggu, 30 Desember 2012

Beberapa hal negatif perayaan tahun baru

Beberapa hal negatif perayaan tahun baru




Jurnal Harian - Menjelang perayaan tahun baru masehi biasanya orang-orang pada beramai-ramai untuk melakukan persiapan mengadakan pesta perayaan tahun baru. tempat hiburan atupun pusat keramaian menyediakan beberapa fasilitas untuk melayani para pengunjung yang ingin merayakan ditempat itu, ada yang secara besar-besaran atau juga hanya pesta kecil saja. Paling sering ditemukan dalam tahun baru adalah tersedianya tempat menyalakan kembang api, entah dari mana asalnya tapi jika sudah pergantian tahun maka ramai orang menyaksikan dan menyalakan kembang api. namun dari beberapa kegiatan untuk menyambut tahun yang baru terkadang banyak hal yang mengarah kearah yang negatif dari pada positifnya, berikut ini ada beberapa hal negatif dalam perayaan tahun baru :

Pesta seks
dibeberapa hotel dan penginapan menyediakan diskon untuk malam tahun baru, ini disalahkan penggunaannya oleh para orang-orang mesum yang memang punya niatan jelek menjelang malam tahun baru. namun anehnya terkadang saat malam tahun baru para aparat penegak hukum dan pihak yang terkait lainnya seolah kurang memperhatikan mengenai fenomena ini, sehingga kadang pesta seks menjadi kegiatan rutin untuk merayakan malam pergantian tahun. tidak hany dihotel dan ditempat penginapan saja bahkan di kost-kost para mahasiswa juga terjadi hal serupa ini juga patut menjadi perhatian bagi seluruh warga masyarakat untuk menjaga norma budaya ketimuran dari indonesia yang memang tidak memiliki kebiasaan jelek yang bersumber dari barat yang tidak sejalan dengan kehidupan beragama di Indonesia.

Polusi udara
kemacetan sudah pasti terjadi saat menjelang tengah malam sehingga menimbulkan polusi udara yang dihasilkan dari asap pembuangan kendaraan bermotor yang terjebak kemacetan. belum lagi asap yang dihasilkan dari kegiatan bakar-bakar jagung atau ikan yang biasa dilakukan untuk mengisi waktu luang menjelang tengah malam, asap polusi udara juga dihasilkan dari kembang api yang dinyalakan saat acara puncak yang jumlahnya cukup besar, karena keadaan malam tentu saja langit gelap sehingga tidak terlihat asap yang dihasilkan dari kembang api namun sebenarnya asap kembang api itu menimbulkan hasil pembakaran yang cukup beracun jika masuk kedalam saluran pernapasan.

Sampah
setiap kegiatan umum pasti memiliki sisa yang sangat banyak yaitu sampah, namun saat perayaan tahun baru terkadang keramaian sering terpusat di beberapa tempat yang sebelumnya tidak pernah diadakan even besar dan kebanyakan orang berkumpul dijalan umum ataupun taman yang tentu saja pada keesokan harinya tempat itu akan dipenuhi sampah yang menganggu pemandangan dan meyebabkan biang penyakit jika tidak ditanggulangi secara cepat jadi tentu saja petugas kebersihan menjadi sibuk untuk membersihkan tempat itu.

macet dan pemborosan BBM
saat jalanan dipenuhi keramaian tentu saja macet akan terjadi makan akan menyebebkan terhambatnya jalur transportasi dan menyebebkan pemborosan terhadap konsumsi bahan bakar yang ditujukan untuk hal yang tidak bermanfaat karena hanya menghabiskan bahan bakar kepada hal yang tidak bertujuan komersil. pemerintah juga mendukung dengan menyediakan pasokan berlebih menjelang perayaan tahun baru yang akan menambah biaya subsidi bbm untuk hal yang tidak berguna jika saja dananya untuk digunakan untuk pembangunan saran transportasi umum yang memadai maka tentu saja akan lebih berguna.

maksiat secara umum (pacaran,alkohol dan narkoba)
saat malam tahun baru, masing-masing mencari pasangan dan kebanyakan adalah anak muda yang merasa jika merayakan tahun baru tanpa pasangan seolah hidup ini tidak ada artinya jadi mereka beramai-ramai mencari pasangan walau hanya untuk malam itu saja. tentu saja kegiatan ini berbahaya jika dilakukan secara berlebihan terkadang momen tengah mlam ini dijadikan alasan untuk jalan-jalan kepada oran tuanya namun kejadian sebenarnya adalah untuk pacaran dan bersenang-senang saja mulai dari pegangan tangan, pelukan sampai hal-hal yang menjurus kearah maksiat lainnya. bahkan ada satu hala lagi yang menjadi momok untuk anak muda yaitu alkohol dan narkoba, banyak pihak yang memanfaatkan momen ini untuk menyebarkan prilaku negatif pada anak muda seperti menjual narkoba dan miras untuk perayaan tahun baru.

Kebakaran
pesta kembang api menyimpan sebuah resiko yang berbahaya yaitu kebakaran, jika kembang api yang diluncurkan kelangin tidak bekerja secara optimal dapat menimbulkan kebakaran jika jatuh ditempat yang tidak tepat seperti atap rumah, lahan kering (semak) dan juga tempat rawan kebakaran lainnya jadi sebaiknya jika menyalakan kembang api pilihlah lokasi yang terbuka jauh dari lahan yang rawan terjadi kebakaran.

tawuran
kadang kala gejolak darah anak muda tidak bisa terbendung karena masa muda memang masa yang bergairah. kejadian-kejadian kecil bisa saja berubah menjadi hal yang berbahaya salah satunya tauran banyak hal yang menyebabkan tauran yang sebenarnya bersumber dari hal yang sepele seperti senggolan saat berkendara, permasalah asmara anak muda atau hanya karena tersinggung dari ucapan yang terlontar dapat saja menyebabkan perkelahian antara beberapa pihak.

Sumber : genborneo.com
Beberapa hal negatif perayaan tahun baru
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.