Minggu, 06 Januari 2013

DAHLAN ISKAN KECELAKAAN: Kaca & Atap Tucuxi Hancur Tanpa Sisa

DAHLAN ISKAN KECELAKAAN: Kaca & Atap Tucuxi Hancur Tanpa Sisa

Compact_tucuxi-celaka 

Jurnal Harian - Kecelakaan yang menimpa Menteri BUMN Dahlan Iskan saat mengendarai mobil listrik Tucuxi di Sarangan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur hari ini, Sabtu (5/1/2013) ternyata cukup parah.
 
Berdasarkan gambar yang didokumentasikan kantor berita Antara, seluruh kaca depan dan belakang yang menyatu dengan atap mobil berbahan kaca hancur tanpa bekas, sehingga mobil bewarna merah dengan pelat nomor DI 19 seolah tanpa atap.
 
Mungkin karena mobil itu dirancang dengan safety yang tinggi, Dahlan tak mengalami luka serius ketika menabrakkan mobilnnya ke tebing karena rem blong.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Dahlan selamat dari kecelakaan Mobil listrik Tucuxi yang dikendarainya.
 
Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi yang juga mengikuti Tucuxi tersebut mengatakan mobil tersebut hancur menabrak tebing. 
 
Kecelakaan itu, lanjut dia, terjadi karena rem tidak berfungsi. 
 
"Rem bermasalah saat turunan tajam sekitar Sarangan, Magetan. Saat rem blong, Pak Dahlan memilih menabrakan [mobilnya] ke tebing. Tetapi Alhamdulillah semuanya aman [tidak ada yang terluka]," paparnya melalui BlackBerry Messenger siang hari ini, Sabtu (5/1/2013).  
 
Jalur tembus Solo-Magetan melalui Tawangmangu-Telaga Sarangan memang memiliki tanjakan dan turunan yang ekstrem. Untuk itu, kendaraan yang melewati jalur tersebut dituntut memiliki kondisi prima terutama kondisi remnya. 
 
Apakah karena Tucuxi seharga Rp1,5 miliar tersebut menggunakan mesin tenaga listrik, sehingga sulit melakukan engine brake (pengereman dengan memanfaatkan putaran mesin gigi rendah) saat melahap turunan tajam? 
 
Mungkin itu salah satu penyebab rem blong, karena kampas rem terus digeber untuk menahan laju kendaraan tanpa bantuan engine brake. (sut)
DAHLAN ISKAN KECELAKAAN: Kaca & Atap Tucuxi Hancur Tanpa Sisa
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.