Senin, 21 November 2011

Melancong ke Pesisir Bebas Macet

Melancong ke Pesisir Bebas Macet

JAKARTA-Di kawasan Pantai Utara Jakarta, banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati warga ibu kota. Namun, akses yang sulit, macet, dan infrastruktur yang tidak mendukung membuat warga mengurungkan niat menjelajahi kawasan-kawasan wisata tersebut. Salah satu terobosan yang sedang dilakukan pemerintah adalah dengan membuat kereta api wisata atau KA City Tour dari Stasiun Gambir menuju Ancol dan Tanjung Priok Kereta yang dirancang untuk wisatawan ini bisa menjadi alternatif menikmati wisata Jakarta dengan nyaman dan aman. Proyek kereta wisata tersebut merupakan salah satu jurus Pemprov DKI untuk mendongkrak wisatawan. Proyek yang menggandeng PT Kereta Api Indonesia tersebut kemarin dilakukan simulasi keberangkatan kereta api. Dengan rute perjalanan Stasiun Gambir, Ancol dan Stasiun Tanjung Priuk, Jakarta Utara (Jakut).
Kereta yang digunakan dalam simulasi tersebut adalah kereta commuter khusus perempuan. “Kereta api wisata ini ada nilai tambah buat kita. Karena kita sudah biasa mengadakan city tour di Jakarta, dihadapi macet dan sebagainya,” terang Ketua ASITA (Association of the Indonesia Tours and Travel) DKI Jakarta Herna Danuningrat, kemarin. Dalam simulasi kereta wisata tersebut, pihaknya, ber sama dengan Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sukesti Martono, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan DKI Arie Budi man, Seko Jakut Tri Kurniadi dan PT KAI ikut merasakan kenyamanan kereta wisata. Tidak ketinggalan ratusan undangan juga ikut dalam simulasi tersebut. ”Kita akan duduk bersama dengan Pemprov DKI Jakarta dan PT KAI untuk menentukan berapa harga karcis kereta wisata itu nantinya.

Serta hal lainnya terkait kereta wisata ini,” terangnya. Dengan kereta wisata ini, wisatawan akan lebih nyaman dalam menikmati perjalanan. Kereta ini juga bisa menjadi pemandu bagi wisatawan untuk mengeskplorasi destinasi pariwisata di Jakarta Utara. ”Orang yang mau ke Tanjung Priuk tidak perlu panas-panas dan macet-macet. Kereta wisata ini bisa ke Tanjung Priuk dan Ancol,” pungkasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta Ari Budiman mengatakan, simulasi kereta wisata dilakukan di sela-sela festival kereta api.
Sementara festival kereta api tersebut tersebut digelar untuk mempromosikan 12 jalur wisata pesisir yang telah dicanangkan Pemkot Jakarta Utara. ”Selain untuk mempromosikan 12 jalur wisata pesisir juga bertujan mengembangkan alternatif city trour dengan kereta api. Format kegiatan kita lakukan simulasi city tour dari Gambir menuju stasiun kereta api Tanjung Priok, Jakarta Utara yang diikuti 590 peserta,” beber Arie. Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Sukesti Martono mengaku optimistis proyek tersebut akan mendapat sambutan hangat dari masyarakat. ”Terus dikaji kembali program City Tour ini. Untuk menarik wisatawan datang perlu juga didukung sarana dan prasarana. Serta keamanan dan kenyamanan,” ujarnya. (dai)
Melancong ke Pesisir Bebas Macet
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.