Minggu, 16 September 2012

Sengaja Bangun Siang? Dijamin Senin Besok Terkantuk-kantuk

Sengaja Bangun Siang? Dijamin Senin Besok Terkantuk-kantuk

Ilustrasi (dok: Thinkstock)

Jakarta, Bagi sebagian orang yang sehari-hari harus bangun pagi untuk bekerja, akhir pekan sering jadi ajang balas dendam untuk tidur sepuasnya. Alih-alih kembali bugar pada hari Senin berikutnya, kebanyakan justru terkantuk-kantuk karenanya.

Penelitian terbaru di University of Texas Southwestern Medical Centre kembali menegaskan bahwa kebanyakan tidur di akhir pekan tidak baik untuk kesehatan. Kali ini pengaruhnya pada siklus sirkardian atau jam biologis yang mengatur siklus bangun tidur.

Menurut penelitian ini, tidur terlalu lama di hari Sabtu dan Minggu dapat mengganggu jam biologis. Kalau biasanya sudah ada siklus yang terprogram untuk selalu bangun pagi, maka perubahan yang terjadi pada 2 hari di akhir pekan sudah bisa mengacaukan siklus tersebut.

"Adalah mitos yang salah besar kalau dikatakan bahwa kurang tidur di hari kerja harus dibayar dengan tidur sepuasnya di akhir pekan," tegas Dr Gregory Carter, ilmuwan yang memimpin penelitian ini seperti dikutip dari Telegraph, Minggu (16/9/2012).

Siklus sirkadian sebenarnya bisa ditunda, sehingga masih bisa ditoleransi kalau pada akhir pekan orang ingin bangun sejam lebih lambat. Misalnya pada hari kerja biasa bangun pukul 6, pada akhir pekan siklus ini masih bisa dengan mudah diprogram untuk bangun pukul 7.

Masalahnya adalah, kalau dilakukan berturut-turut pada hari Sabtu dan Minggu maka pada hari Senin berikutnya penundaan akan terjadi 2 jam lebih lambat. Sangat sulit untuk kembali pada kebiasaan awal bangun pukul 6, sebab kalau tidak pasang alarm maka tubuh baru akan bangun pukul 8.

Dr Carter mengingatkan, bagian dari siklus sirkadian paling sensitif terhadap perubahan adalah saat bangun. Karenanya bagi yang ingin tidur lebih lama di akhir pekan, ia menyarankan untuk tidur lebih awal pada malam hari daripada bangun terlambat di pagi harinya.

(up/ir)

Sumber :
http://health.detik.com/read/2012/09/16/075606/2020821/763/sengaja-bangun-siang-dijamin-senin-besok-terkantuk-kantuk?l992205755
Sengaja Bangun Siang? Dijamin Senin Besok Terkantuk-kantuk
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.