Selasa, 02 Oktober 2012

Yang Harus Dilakukan Jokowi pada 100 Hari Pertama

Yang Harus Dilakukan Jokowi pada 100 Hari Pertama

Joko Widodo


Gubernur DKI Jakarta terpilih, Joko Widodo, diminta agar memenuhi sejumlah janji kampanye dalam 100 hari pertama. Sejumlah janji itu antara lain pembenahan birokrasi, transparan dan janji untuk terus berkomunikasi langsung dengan warga. Agar pemerintah bisa melihat langsung kondisi warganya.

Tapi sejumlah pengamat meminta agar masyarakat jangan memaksa agar semuanya dipenuhi dalam 100 hari pertama. "Program kerja membenah kota tidak bisa dilakukan hanya dalam 100 hari dan sebaiknya jangan terjebak dengan kata itu," kata pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Yaya Supriyatna kepada VIVAnews. Yang harus dilakukan Jokowi, katanya, adalah agar terus memelihara kedekatan dengan warga, agar saling komunikasi tetap terjaga.

Yang bisa dilakukan pada 100 hari pertama adalah pembenahan birokrasi dan menjaga komunikasi dengan rakyat untuk mengetahui secara langsung apa keinginan masyarakat Jakarta. 

Selain itu dia harus membentuk tim yang kuat dan solid. Karena jika ingin membenah kota maka diperlukan tim yang kuat. Tim itulah nanti ujung tombaknya. "Siapa kepala dinasnya, masih lincah atau tidak, bersih atau tidak, nakal atau tidak. Kalau basah harus dijemur dulu," katanya.

Jika masalah banjir yang tidak bisa diatasi, misalnya, bukan masalah asal Jokowi ada bersama masyarakat yang menjadi korban untuk membicarakan permasalahan yang ada. " Dengan bersama warga, maka keinginan mereka dengan cepat diketahui. Bisa diajak berbincang, apakah masyarakat nantinya setuju dipindahkan ke rumah susun atau tidak," katanya.

Jokowi sebelumnya memang pernah menyampaikan bahwa dia sudah menyiapkan program jangka menengah dan panjang. Dia akan fokus menggarap masalah banjir dan macet.

Demi mengatasi banjir, dia akan fokus pada penyelesaian Banjir Kanal Timur. Selain itu, juga menuntaskan Banjir Kanal Barat. Selain dua banjir kanal itu, Cengkareng Drain juga harus segera diselesaikan. Pembebasan tanah segera dilakukan agar proyek ini segera tuntas.

Sementara mengatasi kemacetan yang sudah kronis di Jakarta, salah satunya dengan memperbanyak jumlah armada busway. Jalur busway yang padat diganti dengan railbus.
Yang Harus Dilakukan Jokowi pada 100 Hari Pertama
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.