Jumat, 18 Januari 2013

Jakarta Banjir, Perbandingan antara Tahun 2007 dan 2013

Jakarta Banjir, Perbandingan antara Tahun 2007 dan 2013

Bundaran HI Kebanjiran
Bundaran HI Kebanjiran | Kompas Image

Jurnal Harian - Ibukota Indonesia ini akhirnya kebanjiran lagi seperti sebelumnya namun sepertinya tahun 2013 ini merupakan banjir terparah ketimbang tahun 2007 silam. Banjir melanda sejumlah wilayah Jakarta, termasuk pusat kota di Bundaran Hotel Indonesia dan Jalan MH Thamrin. Banjir yang sangat luas ini di beberapa kalangan dibandingkan dengan banjir di tahun 2007 namun bedasarkan informasi dari Kepala Pusat Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mulyono Prabowo mengatakan bahwa dilihat dari curah hujannya, sebenarnya curah hujan pada Januari 2013 lebih rendah dibandingkan pada Januari-Februari 2007.
Dari pernyataan itu sempat terbesit sebuah prasangka, curah hujan yang lebih sedikit daripada tahun 2007 sudah mampu membuat Jakarta dalam keadaan darurat bencana. Bagaimana kalau curah hujannya sama atau lebih dari tahun 2007. Padahal berdasarkan perkiraan tahun februari merupakan puncak curah hujan. Jadi memang ada baiknya anda bersiap dari sekarang.
Memang banjir tidak hanya dipicu oleh faktor meteorologis, tetapi juga penataan ruang, pendangkalan sungai, dan sebagainya. Ada baiknya sang Gubernur Jokowi setelah banjir ini reda langsung saja melakukan tata ruang secara besar-besaran agar nantinya tidak ada lagi banjir seperti ini. Selain upaya dari pemerintah, tentunya kesadaran dari masyarakat jakarta juga menjadi faktor x lainnya yang menentukan besar kecilnya banjir yang datang khususnya kebiasaan membuang sampah di sungai serta sering tertutupnya got atau selokan air akibat pembangunan gedung.

Pantau Banjir Jakarta lewat Twitter

Berkat kemajuan teknologi serta betapa mudahnya social media sekarang ada baiknya bagi anda yang berada di Jakarta untuk mengikuti beberapa akun twitter yang lumayan aktif dalam mengabarkan berita banjir jakarta ini. Berikut saya coba listkan beberapa akun twitter tersebut
  1. Traffic Management Centre Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (@TMCPoldaMetro)
  2. Radio Elshinta (@RadioElshinta)
  3. Lalu Lintas dari LewatMana.com (@LewatMana)
  4. InfoLaluLintas.com (@infoll)
  5. Info Jakarta (@infojakarta)
Selain itu untuk bencana banjir jakarta kali ini, pengguna Twitter menggunakan tanda pagar #PrayForJakarta masuk menjadi topik yang banyak dibicarakan di Twitter kawasan Jakarta. Anda bisa mengikuti tagar tersebut untuk mendapatkan informasi terkini seputar banjir jakarta.
Selain Twitter, Anda juga bisa memantau banjir di Jakarta melalui peta interaktif yang dibuat di Google Maps. Peta interaktif ini bahkan memberi gambaran tentang ketinggian banjir di beberapa lokasi.
Jakarta Banjir, Perbandingan antara Tahun 2007 dan 2013
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.