Kamis, 24 Januari 2013

Keuntungan Dan Manfaat Alexa Rank Di Kumpulkan Dari Berbagai Sumber

Keuntungan Dan Manfaat Alexa Rank Di Kumpulkan Dari Berbagai Sumber



Alexa Rank adalah sebuah situs yang beralamat di www.alexa.com yang menyediakan fasilitas informasi tentang rangking/peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik pengunjung yang masuk ke situs tersebut.

Yang mana semakin besar trafficnya maka semakin tinggi peringkat dari situs tersebut dan juga sebaliknya semakin kecil traffiknya maka semakin rendah lah peringkat dari situs tersebut, hal ini sangatlah perlu diketahui oleh seorang blogger yang memang ingin menjadikan situsnya sebagai lahan bisnis.

Alexa Rank mempunyai nilai peringkat dari nilai terkecil yaitu angka 1 ( satu ) sampai dengan seterusnya ( nilai berjuta-juta ) yang mana dalam perhitungan sistem di Alexa Rank apabila semakin kecil nilai Alexa Rank situs anda maka semakin baguslah peringkat situs tersebut.


Pada saat postingan ini saya keluarkan situs yang ada dibawah inilah yang masuk dalam 10 daftar posisi teratas dalam versi Global dari Alexa Rank.
  1. Google.com
  2. Facebook.com
  3. Youtube.com
  4. Yahoo.com
  5. Baidu.com
  6. Wikipedia.org
  7. Live.com
  8. Blogspot.com
  9. Twitter.com
  10. QQ.com
Dan untuk peringkat Catatan Pena hanya dapat puas untuk bertengger pada posisi sementara yaitu seperti gambar yang anda lihat dibawah ini yach lumayan lah daripada loe manyun...hehehe.



Berandai-andai nih...bisa gak ya blog saya ini Catatan Pena mengalahkan situs google.com atau facebook.com ? wuakakakakak...angan-angan tukang cendol...mimpi aja kali yeee...!!!  oke kita lanjut...!


Pertanyaan kita seberapa pentingkah Alexa Rank tersebut..?

Menurut saya penting/tidaknya Alexa Rank pada situs kita tergantung pada si pemilik situs tersebut, apabila situs tersebut anda ciptakan bertujuan untuk mencari uang tentu peringkat situs kita dalam Alexa Rank wajib anda perhitungkan, dikarnakan bagusnya Alexa Rank situs anda menggambarkan bahwa situs anda tersebut populer dan berakibat banyaknya Advertiser yang ingin memasang iklan di situs anda, namun apabila situs yang anda buat hanyalah untuk iseng-iseng saja tentulah Alexa Rank tidaklah begitu penting.

Alexa rank juga berpengaruh pada pengunjung atau pembaca blog anda, jika Alexa Rank Anda bagus tentunya mereka akan lebih antusias dan loyal terhadap blog tersebut dan pembaca akan semakin meningkat. Dan untuk memasang widged Alexa Rank di blog anda bisa membaca artikel saya berikutnya tentang Cara Memasang Alexa Rank Di Blog, demikianlah sedikit penjelasan mengenai Alexa Rank.






Apa untungnya memasang widget Alexa di blog kita.? Wah, ya banyak bro! Namun, sebelum kita bahas keuntungan memasang widget Alexa di blog, sedikit penjelasan mengenai widget Alexa, mungkin bisa membantu. Ini bagi yang belum tahu, lho. Yang sudah tahu, ya, sebaiknya tidak perlu baca artikel ini.

Alexa Traffic Rank merupakan widget yang disediakan oleh situs layanan traffic counter atau penghitung pengunjung yang disediakan oleh www.Alexa.com Widget Alexa traffic rank dapat menghitung lalu lintas traffic ke situs dengan didasarkan pada hitungan bulanan dan 3 bulanan berdasarkan prosentase naik-turunnya traffic atau pengunjung situs tersebut.

Selain itu, Alexa juga dapat menghitung jumlah link yang mengarah ke sebuah situs,  traffic penggunaan situs oleh semua pengguna Alexa Toolbar dan dari berbagai sumber data traffic, serta kombinasi dari jumlah pengunjung dan pageview atau halaman yang dibuka.  
                                     
Kedua faktor inilah yang dijadikan dasar utama menentukan Alexa Traffic Rank atau lalu-lintas pengunjung yang masuk ke sebuah situs. Setelah data terkumpul maka robot Alexa akan secara otomatis membuat ranking atau peringkat pada website atau blog tersebut. Jadi, ranking dari sebuah situs merupakan cerminan dari jumlah orang yang mengunjungi situs tersebut dan jumlah halaman yang dilihat pengunjung atau traffic.

Agar Anda tahu bagaimana cara kerja Alexa Widget silakan pasang dulu widgetnya. Untuk mengambil kodenya silakan login.

Alexa menetapkan rangking situs secara global dan local. Untuk situs yang dimiliki oleh pengguna di Indonesia ditetapkan dengan hitungan Global Rank dan Rank in Id. Sedangkan jumlah link disebut reputation atau reputasi . Peringkat Alexa yang paling bagus adalah  rank 1. Semakin kecil angka peringkat Alexa, maka kualitas peringkat tersebut semakin baik. Hingga saat ini  ranking  Global Rank 1 masih diduduki www.google.com (bukan google.co.id, lho) sedangkan www.facebook.com pada peringkat 2.  

Dengan kenyataan yang demikian, makin jelas keuntungan memasang alexa widget di blog kita. Ya, kan? Ya, toh? Keuntungan itu diantaranya: kita dapat mengetahui ranking blog kita (baik global maupun local), mengetahui jumlah pengunjung, mengetahui efektifitas tulisan yang kita buat, dan jika ranking blog kita bagus maka banyak yang ingin pasang iklan di blog kita.
Itu berarti kantong kita bisa bertambah tebal. Hee hee… (mata duitan). 

Sebaliknya, jika ranking blog kita tidak naik-naik, berarti tidak ada orang yang baca tulisan kita. Langkah yang harus segera diambil, kita harus segera mencari penyebabnya; dan segera mengambil langkah-langkah perbaikan. 
Biasanya, penyebabnya bukan karena tulisan kita jelek, tapi karena tidak terindeks dengan baik di mesin pencari semacam google, yahoo, bing, ask, dll.


http://www.fmeextensions.com/blog/wp-content/uploads/2012/09/alexa-rank-logo.jpg 

Di Indonesia, masih cukup banyak blog yang kurang peduli soal Alexa Rank. Terutama Blog yang bersifat personal yang berisi tentang Fotografi, Fashion, bahkan Online Shop. Walaupun anda tidak melakukan sesuatu hal seperti SEO untuk mendapatkan Ranking Alexa, anda tetap akan mendapatkan sebuah Alexa Rank ketika Blog anda telah memiliki usia cukup lama. Namun Alexa Rank anda tidak akan maksimal jika tidak melakukan Optimalisasi tentang Alexa.

Bagi mereka para pemilik website atau pun blog yang sudah terkenal dan sangat banyak pengunjungnya, Alexa Rank sudah menjadi hal yang biasa. Alexa Rank yang tertanam di situs mereka pun sudah mencapai ranking yang tinggi bila dibandingkan dengan blog pemula. Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa Alexa Rank adalah ranking dari http://www.alexa.com/ yang menghitung jumlah traffic blog atau pun website yang kita punya.Alexa Rank dihitung berdasarkan data yang dikumpulkan dari pengguna Alexa Toolbar selama periode tiga bulan terakhir. 

Bagi para pemilik website dan blog saya rasa wajib menambahkan situs/blog miliknya ke Alexa dan juga menambahkan widget Alexa Rank ke dalam situs/blog milik mereka untuk mengetahui rank situs/blog kita menurut Alexa Rank. Semakin sedikit traffic rank Alexa maka semakin tinggi rankingnya. Dan semakin sedikit traffic rank nya, kesempatan untuk memanfaatkan blog kita mendapatkan uang semakin besar karena situs-situs review atau pun advertiser melihat traffic rank situs/blog kita di Alexa Rank sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan situs/blog kita.
Bagi sebagian blog personal sendiripun, Mereka melakukan blogging agar bisa dikenal banyak orang. Dan Jika anda memang ingin menjadi terkenal melalui Blog, Silahkan pertimbangkan keuntungan Alexa Rank yang ramping :

1. Kekuatan Keyword Blog anda akan semakin kuat
2. Popularitas Blog anda jelas, sehingga anda mengetahui apakah blog anda sudah cukup populer atau perlu ditingkatkan lagi.
3. Mempengaruhi SERP (Search Engine Result Page) pada Google, Ini membantu anda tampil pada halaman pertama pencarian Google sehingga pengunjung akan semakin bertambah.

Yang perlu dipahami tentang Alexa

  1. Rangking berdasarkan pada 3 bulan traffic blog yang didapat
  2. Data utama berasal dari pengguna Alexa Toolbar
  3. Semakin rendah nominal ranking, semakin tinggi peringkatnya
  4. Ranking atau peringkat diupdate setiap hari
  5. Ranking 100.000 dan diatasnya dianggap tidak ada data


Keuntungan Dan Manfaat Alexa Rank Di Kumpulkan Dari Berbagai Sumber
4/ 5
Oleh

7 komentar

  1. Info yang sangat bagus dan bermanfaat buat banyak orang gan.. Thanks for sharing! :)

    BalasHapus
  2. mantab infonya mas . . . saya tunggu artikel selanjutnya

    BalasHapus
  3. Dari tadi ane baca-baca artikel di blog ini pada keren-keren semua kang....

    BalasHapus
  4. nice post gan, komplit sekali ntu.
    ane jadi mulai paham masalah Alexa.
    Makasih, salam kenal

    BalasHapus
  5. makasih infonya visitback www.ravictory.blogspot.com

    BalasHapus


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.