Selasa, 29 Januari 2013

NATO Siapkan Sistem Pertahanan di Turki

NATO Siapkan Sistem Pertahanan di Turki

 NATO Siapkan Sistem Pertahanan di Turki  
 Rudal Patriot. AP

Jurnal Harian - Ankara - NATO, organisasi pertahanan Atlantik Utara, menyiapkan sistem pertahanan Turki guna mempertahankan negara itu dari ancaman Suriah. Organisasi ini telah mengirimkan misil untuk ditempatkan di sepanjang perbatasannya dengan Suriah.

"Enam baterei misil Patriot telah dikirimkan ke Turki dan siap dioperasikan guna menangkis serangan dari Suriah," NATO menjelaskan.

Baterei misil disiapkan oleh Belanda. "(Senjata) ini akan membantu melindungi kota (di selatan) dan warga di Adana menghadapi ancaman," demikian pernyataan NATO kepada pers, Sabtu, 26 Januari 2013.

Patriot, peluru kendali yang bisa diluncurkan dari darat ke udara, sanggup menembak jatuh misil yang masih berada di tengah-tengah udara sebelum menghantam sasaran.

Perbatasan antardua negara, Turki-Suriah, telah menjadi titik penting dalam masa perlawanan selama 22 bulan terhadap Presiden Bashar al-Assad. Pasukan pemerintah kerap menembaki pemberontak hingga ke dalam wilayah Turki. Hal ini menimbulkan amarah Ankara.

"Di belakang kami ada baterei Patriot NATO yang ditempatkan di Turki. Senjata itu dapat dioperasikan saat diperlukan, di bawah komando dan kontrol NATO," kata Letnan Kolonel Dariusz Kacperczyk, juru bicara NATO untuk urusan penempatan Patriot.

AL JAZEERA | CHOIRUL

sumber : tempo.co
NATO Siapkan Sistem Pertahanan di Turki
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.