Sabtu, 02 Februari 2013

Rekam Jejak Bermasalah, Anis Sulit Pulihkan PKS

Rekam Jejak Bermasalah, Anis Sulit Pulihkan PKS

Rekam Jejak Bermasalah, Anis Sulit Pulihkan PKS   
Anggota dewan Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid memberi selamat kepada Presiden PKS yang baru, Anis Matta, dalam konferensi pers di DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jakarta, Jumat (1/2). TEMPO/Seto Wardhana

Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada, Ari Dwipayana, menilai pengukuhan Anis Matta sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak akan membantu memulihkan kredibilitas PKS. Ari menyebut rekam jejak Anis tidak sebersih pendahulu PKS.

"Naiknya Anis Matta ini tidak akan memperbaiki kredibilitas PKS karena pada saat yang bersamaan nama Anis Matta sering dikaitkan dengan korupsi politik di DPR," ujar Ari pada Tempo, Jumat, 1 Februari 2013.

Ari mencontohkan kasus suap Dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (DPPID) yang melibatkan Wa Ode Nurhayati. Wa Ode menuding Anis Matta, yang menjabat Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Fraksi PKS, telah menyalahhgunakan wewenang untuk menetapkan alokasi dana proyek tersebut. Anis dianggap memaksa Menteri Keuangan untuk menandatangani surat yang bertentangan dengan rapat Badan Anggaran DPR. Tudingan Wa Ode ini disampaikan usai dia menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi.

Meski belum pernah terbukti secara hukum, Ari khawatir ini akan menjadi masalah ke depan.

Ari melanjutkan, alasan lain Anis tidak akan memulihkan citra PKS adalah pengukuhan Anis hanya simbol pengakuan figur kuat Anis di PKS. "Anis Matta itu orang kuat setelah Hilmi Aminuddin, Ketua Majelis Syuro PKS. Ini hanya pengukuhan orang kuat di PKS saja," katanya.

Sebagaimana diketahui, PKS hari ini mengumumkan pengukuhan pengganti Luthfi Hasan Ishaaq sebagai Presiden PKS. Majelis Syuro PKS memilih Anis Matta sebagai Presiden PKS yang baru. Langkah ini dilakukan setelah Luthfi Hasan Ishaaq ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada 29 Januari lalu dalam kasus impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Luthfi pun langsung mengundurkan diri.

FEBRIANA FIRDAUS


sumber : tempo.co
Rekam Jejak Bermasalah, Anis Sulit Pulihkan PKS
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.