Kamis, 03 November 2011

Anak Bersemangat Hingga Sulit Tidur

Anak Bersemangat Hingga Sulit Tidur

Pada usia ini anak memiliki ketertarikan yang begitu besar akan sekitarnya. Sehingga tidak jarang ia bersikap sangat bersemangat.
Ia enggan melakukan jadwal rutin yang selama ini dilakukannya, sehingga walaupun ia sudah merasa mengantuk, ia belum juga mau tidur. Ia tidak mau keasikan bermainnya dan mengeksplorasi sesuatu terhalang jadwal makan, mandi, dan lainnya.
Tidak apa-apa selama anak tidak rewel karena pola tidur yang terganggu. Kebutuhan tidurnya kini berbeda dengan sebelumnya. Beberapa anak tidak memerlukan tidur siang sama sekali. Anda dapat mulai menjadwalkan jam tidur teratur yang lebih awal, misalnya saja antara pukul 19.00 hingga 20.00 malam.
Sulit tidur yang dialami anak bisa merupakan pertanda ia mengalami overstimulasi. Terapkan padanya jadwal tidur rutin. Dengan keteraturan seperti itu, akan mudah menstruktur jadwal harian anak. Anda dan anak dapat menjalaninya dengan alami. Sedikit perubahan yang terjadi dapat disesuaikan.
Apa yang dapat dilakukan jika anak rewel karena merasa lelah tapi tidak mau tidur?
  • Hindari kegiatan bermain anak yang terlalu bising di sore hari. Hindari pula membiarkannya berlari-lari dan melompat-lompat.
  • Ajak anak melakukan permainan yang lebih tenang, seperti menggambar, melihat-lihat foto, dan sebagainya.
  • Jika anak bermain di luar rumah sekitar jam 15.00 atau 16.00 sore, ajaklah ia bermain di ruang keluarga menjelang jam makan siang.
  • Beberapa saat setelah makan malam, anak dapat bermain di kamarnya.
  • Anda bisa mendongeng, bermain bayang-bayang, berdoa, dan bernyanyi sebagai pengantar tidur.
  • Redupkan lampu dalam kamar.
  • Redakan suara di sekeliling karena anak sangat peka dengan suara maupun hiruk pikuk tanpa suara.
Anak Bersemangat Hingga Sulit Tidur
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.