Kamis, 03 November 2011

Teknik Memberi Makan Bayi

Teknik Memberi Makan Bayi

Proses menyuapi bayi sebaiknya mulai dilakukan saat bayi berusia enam bulan. Agar Si Kecil tidak bingung dan terbiasa, tetapkan jadwal makan. Usahakan agar waktu makan Si Kecil sama setiap harinya, agar dapat mencegah Si Kecil mengalami kesulitan makan nantinya.
Proses mengunyah makanan ini sangat diperlukan Si Kecil untuk melatih lidah dan mulutnya dalam proses belajar berbicara.
Beberapa langkah yang dapat Ibu lakukan saat memberi makan bayi:
  1. Ibu, duduklah di hadapan Si Kecil saat menyuapi. Pandang matanya, ajak Si Kecil bicara, dan yakinkan bahwa ia sudah siap untuk diberi makan.
  2. Jangan biasakan meletakkan mainan di dekat tempat makan. Hindari menyuapinya di depan televisi. Tindakan-tindakan seperti itu dapat mengganggu konsentrasi makannya.
  3. Mulailah menyuapinya sedikit demi sedikit. Gunakan sendok kecil yang berujung pipih. Suapi seujung sendok terlebih dahulu. Jika Si Kecil mulai terlihat terampil, tambahkan sedikit demi sedikit.
  4. Letakkan sedikit makanan di ujung sendok, dan masukkan makanan sampai kira-kira menyentuh bagian tengah langit-langit mulutnya. Biasanya, bayi akan mengatupkan mulutnya dan lengsung menelan.
  5. Ibu, siapkan air putih utuk diminum. Setelah makan biasanya bayi langsung ingin minum.
  6. Hindari memaksa Si Kecil menghabiskan makanannya. Jangan khawatir, dengan perutnya yang kecil biasanya anak berusia satu tahun hanya membutuhkan kurang lebih satu sendok makan penuh untuk satu waktu makan.
Sumber: www.kalbenutitionals.com
Teknik Memberi Makan Bayi
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.