Kamis, 03 November 2011

Anak Hiperaktif

Anak Hiperaktif

Hiperaktif merupakan suatu kondisi di mana anak selalu bergerak ke sana kemari, tidak bisa diam sedikitpun. Penyebabya belum diketahui secara pasti, namun yang pasti ada kerusakan kecil pada fungsi syaraf pusatnya, sehingga rentang konsentrasi mereka sangat pendek dengan kendali rangsang yang lemah. Anak menjadi tidak mampu memusatkan perhatian pada satu aktivitas tertentu karena perhatiannya begitu cepat beralih pada aktivitas lainnya.
Hiperaktif disebut juga sebagai ADD (Attention Deficit Disorder). Diperlukan waktu yang cukup lama untuk mendeteksi apakah suatu anak mengalami hiperaktif atau hanya sekedar aktif.
Penanganan setiap anak hiperaktif berbeda tergantung dari tingkat gangguan yang dideritanya. Jika ia menderita gangguan ringan, anak dapat ditangani melalui bimbingan orangtua dan pendidikan khusus untuk memperbaiki perilaku anak. Ada juga anak yang membutuhkan terapi psikologis untuk mengatasi stres dan konflik-konfliknya yang biasanya berhubungan dengan hubungan sosial.
Namun jika gangguan yang diderita cukup parah, kemungkinan besar dapat ditunjang dengan pemberian obat untuk membantu agar anak cukup dapat berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Namun sebenarnya, para ahli tiak menganjurkan pemberian obat tersebut sebagai terapi tunggal, namun juga dilengkapi dengan terapi psikologi untuk mengatasi masalah perilaku anak.
Anak Hiperaktif
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.