Kamis, 25 April 2013

Pengenalan setting nikon D3100 bagi pemula

Pengenalan setting nikon D3100 bagi pemula

Nikon D3100
Tiba-tiba pengen posting seputar dunia fotografi. Kenapa? Mungkin bagi sebagian orang, menggunakan kamera merupakan sebuah hal yang biasa dan tidak memerlukan banyak panduan apalagi panduan dasar bagi pengguna Nikon D3100 yang merupakan kamera DSLR termurah dari Nikon saat ini.

Dari berbagai macam yang perlu di perhatikan, disini saya akan sharing seputar teknik dasar fotografi dengan kamera Nikon D3100.


Apasaja yang perlu kita ketahui? Mungkin setelah anda puas membaca buku panduan manual pengoperasian dari D3100 masih ada beberapa hal yang anda tidak mengerti atau paham tentang istilah-istilah yang ada. Saya juga begitu.

Kebetulan ini adalah kamera DSLR yang pertama saya miliki dan tentu saja baru kali ini saya menggunakan kamera DSLR Nikon D3100 ini. Tentunya setiap orang akan bisa jika menggunakan kamera yang notabene asal ‘jepret’ saja. Dan dibawah ini adalah panduan setting Nikon D3100 bagi pemula beserta beberapa istilahnya.

Persiapan setting Kamera Nikon D3100 sebelum memulai foto.
Yang harus di perhatikan:
  1. Setting White Ballance sesuai dengan keadaan saat akan mengambil foto. Jika anda ragu silahkan setting ke Auto. Untuk take foto di luar ruangan disarankan menggunakan mode Direct Sunlight.
  2. Image Quality. Jika anda ingin bermain snapshot ubah ke menu JPEG Fine. Jika ingin lebih leluasa dalam mengedit kemudian, pilih mode RAW supaya bisa di edit baik dari kamera ataupun komputer dengan menggunakan software ViewNX2 bawaan dari kamera.
  3. Image Size pilih yang paling besar. (Untuk mode RAW fitur ini otomatis tidak tersedia)
  4. Shooting Mode. Untuk masa-masa pertama anda belum begitu paham menggunakan kamera, disarankan untuk mencoba:
    • Mode A (di setting 5.6 atau 8 ataupun sesuaikan dengan selera anda)
    • Mode P ,di setting untuk lokasi pesta atau pada acara-acara dimana kita tidak sempat mensetting kamera secara lebih sering.
    • Mode Auto, hati-hati kepada fokus yang otomatis terpilih dari kamera jika menggunakan mode ini.
  5. Mode fokus di set ke AF-S atau AF-D, mode AF-S lebih direkomendasikan untuk object yang diam.
  6. Metering mode untuk sementara di setting ke Matrix saja.
  7. Setting ISO di setting ke angka 100 dengan auto ISO Sensitifity ke angka max 3200 dan lowest Shutter Speed di angka 1/30.
  8. ADL sebaiknya di matikan, karena bisa di apply ke foto setelahnya, bisa anda coba sebagai perbandingan dengan dan tanpa ADL sesuai selera. Tapi kalau anda aktifkan sebelum foto diambil (JPEG mode) maka hasil foto tsb ADLnya tidak bisa di OFFkan, sehingga foto harus re-taken dengan ADL OFF. Ini termasuk menu canggih Nikon.
Mungkin hal tersebut dulu yang perlu kita setting saat pertama kali menggunakan kamera Nikon D3100 ini. Settingan ini bagi pemula, tidak bagi anda yang sudah melintang di dunia Fotografi tentunya

Artikel ini diambil dari berbagai macam sumber salah satunya group Nikon D3100 Indonesia di facebook. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan di klik Suka atau di Share ke teman-teman yang lain. Tentunya tujuan dari artikel ini supaya para Pengguna Nikon D3100 yang dalam tahap Pemula dapat memahami apa yang diperlukan saat mensetting Nikon D3100 sebelum digunakan untuk mengambil foto 
Semoga informasinya bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan silahkan posting di kolom komentar

Sumber : rudibudianto.com
Pengenalan setting nikon D3100 bagi pemula
4/ 5
Oleh
Add Comments


EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.